RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP ........
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi Pokok :
Sumber Daya Alam Indonesia (Tema 3)
Sub Materi Pokok : Sumber Daya Alam dan Pengelompokannya
1. Pengertian
Sumber Daya Alam
2. Pengelompokan
Sumber Daya Alam
Alokasi Waktu : 2x40 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (tolerasi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Menghargai
karunia Tuhan Yang Maha Esa yeng telah menciptakan waktu dengan segala
perubahannya.
2.1 Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik.
3.1 Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik).
4.1 Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
C.
Indikator
1. Mendeskripsikan
pengertian Sumber Daya Alam.
2. Mengklasifikasikan
pengelompokan Sumber Daya Alam.
3. Memberikan
contoh jenis-jenis Sumber Daya Alam.
4. Menganalisis
upaya pelestarian Sumber Daya Alam.
5. Menyajikan
hasil analisis upaya pelestarian Sumber Daya Alam.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu:
1. Mendeskripsikan
pengertian Sumber Daya Alam.
2. Mengklasifikasikan
pengelompokan Sumber Daya Alam.
3. Memberikan
contoh jenis-jenis Sumber Daya Alam.
4. Menganalisis
upaya pelestarian Sumber Daya Alam.
5. Menyajikan
hasil analisis upaya pelestarian Sumber Daya Alam.
E.
Meteri
Pembelajaran
1. Pengertian
Sumber Daya Alam.
2. Pengelompokan
Sumber Daya Alam.
3. Contoh
Jenis-jenis Sumber Daya Alam.
4. Upaya
pelestarian Sumber Daya Alam.
F.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan
: Scientifict
2. Metode : Ceramah, Diskusi
3. Model : Problem Based Learning
G.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
1. Media : Gambar dan video
2. Alat : Papan tulis,
spidol, laptop, LCD Projektor
3. Sumber
Belajar :
a. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Ilmu
Pengetahuan Sosial VII untuk SMP/MTs. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan
b. Internet
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
(10 Menit)
1. Guru
memberi salam dan menunjuk siswa untuk memimpin do’a.
2. Guru
mengkondisikan kelas agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
meminta siswa membersihkan sampah yang ada disekitar tempat duduk dan merapikan
tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan alat tulis.
3. Guru
mengabsen kehadiran siswa.
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
5. Guru
membagi kelompok siswa.
Kegiatan Inti (55
menit)
Mengamati (15 menit)
1. Guru
meminta siswa untuk membaca sebentar buku tentang pengertian Sumber Daya Alam.
2. Guru
memutarkan video tentang Sumber Daya Alam, dan siswa mengamati.
3. Guru
menampilkan gambar dan menjelaskan tentang Sumber Daya Alam.
Menanya (5 menit)
1. Guru
meminta siswa untuk menjawab pertanyaan, seperti: dapatkah manusia hidup tanpa
Sumber Daya Alam?
2. Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pertanyaan.
3. Guru
menampung pertanyaan siswa dan memberi kesempatan kepada siswa lainnya untuk
menjawab pertanyaan temannya.
4. Guru
memberikan permasalahan untuk didiskusikan bersama kelompok.
Mengeksplorasi (5
menit)
1. Siswa
mencari jawaban dengan membaca buku ajar dan referensi lain.
2. Siswa
beridiskusi secara berkelompok untuk menjawab pertanyaan yang telah diberikan
oleh guru.
Mengasosiasi (5 menit)
1. Siswa
menyusun hasil diskusi.
2. Siswa
menyimpulkan hasil diskusi tentang Sumber Daya Alam sebagai bahan untuk
presentasi
Mengomunikasikan (25
menit)
1. Siswa
membuat laporan hasil diskusi.
2. Siswa
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan siswa lain memberi tangggapan.
3. Guru
memberikan penegasan terhadap pembelajaran siswa.
Penutup (15 menit)
1. Guru
dan siswa secara bersama-sama mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran untuk menemukan manfaat yang telah diperoleh dari kegiatan
pembelajaran.
2. Guru
memberikan tugas untuk dikumpulkan di pertemuan berikutnya.
3. Menutup
pembelajaran dengan berdo’a.
4. Guru
menutup pembelajaran dengan salam.
I.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
No
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1
|
KI 1dan KI 2
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
Terlampir
|
2
|
KI 3
|
Tes Tulis
|
Uraian (mandiri)
|
Terlampir
|
3
|
KI 4
|
Penilaian Proyek
|
Lembar laporan diskusi
kelompok
|
Terlampir
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Yuli Ifana Sari, M.Pd
|
Malang, 7 April 2016
Guru Mata Pelajaran IPS
Ika Deviana, S.Pd
|
Tema
3
SUMBER
DAYA ALAM
Sub
tema A
A. PENGERTIAN
DAN PENGELOMPOKAN SUMBER DAYA ALAM
Sumber Daya Alam adalah semua bahan yang ditemukan
manusia dalam alam yang dapat dipakai untuk kepentingan hidupnya. Bahan
tersebut dapat berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi yang
dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Pengelompokan sumber daya alam adalah sebagai
berikut:
1. Kemungkinan
pemulihannya
a. Sumber
daya alam yang dapat diperbarui, adalah sumber daya alam yang dapat tersedia
kembali dalam waktu yang cepat sehingga tidak dapat habis. Namun demikian,
apabila pemanfaatannya tidak terkendali maka sumber daya alam ini akan habis
atau punah.
b. Sumber
daya alam yang tidak dapat diperbarui, merupakan sumber daya alam yang
pembentukannya berlangsung sangat lambat. Oleh karena itu, jumlahnya relatif
tetap atau berkurang karena dimanfaatkan dan akhirnya pada saatnya akan habis.
Cara melestarikannya
adalah dengan cara sebagai berikut:
1) Memanfaatkan
sumber daya alam secara bijaksana dan tidak berlebihan
2) Mengembangkan
bahan pemanfaatan sumber daya alam alternatif
3) Pemanfaatan
kembali barang-barang bekas pakai
2. Meterinya
a. Sumber
daya alam organik (hayati), materi atau bahannya berupa benda hidup, yaitu
hewan dan tumbuhan. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam organik
adalah hutan, pertanian dan perkebunan serta perikanan.
b. Sumber
daya alam anorganik (non hayati), materi atau bahannya berupa benda mati
seperti benda cair, padat dan gas. Contoh kegitan yang berhubungan dengan
sumber daya alam anorganik adalah pertambangan mineral, minyak bumi, gas alam,
dll.
3. Habitatnya
a. Sumber
daya terestis (daratan), adalah sumber daya yang berhubungan dengan tanah
sebagai lahan untuk berbagai aktivitas penduduk yang berasal dari darat.
b. Sumber
daya alam akuatik (perairan), sumber daya alam yang berhubungan dengan laut,
sungai, danau, air hujan, dll.
Lampiran Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
a. Petunjuk
Penilaian
Guru memberi tanda cek
(√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual siswa, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu 2 = kadang-kadang
3 = sering 1 = tidak pernah
b. Aspek
Pengamatan
No
|
Aspek
Pengamatan
|
1
|
Berdo’a
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
4
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat memperlajari ilmu pengetahuan
|
c. Lembar
Observasi
Lembar
Observasi
Kelas :
Semester :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Pengamatan
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Guru Mata Pelajaran
Ika Deviana, S.Pd
NIM.
130401050080
|
Penilaian KI 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(OBSERVASI)
Lembar Observasi
Kelas :
Semester :
No
|
Nama
Siswa
|
Tanggung
Jawab
1-4
|
Responsif
1-4
|
Peduli
1-4
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
Nilai
|
Guru Mata Pelajaran
Ika Deviana, S.Pd
NIM.
130401050080
|
Penilaian KI 3
Pengetahuan
Penugasan
individu
Soal
Jawablah pertanyaan
di bawah ini dengan tepat! Kerjakan dengan jujur dan yakinlah pada kemampuanmu!
1. Jelaskan
pengertian sumber daya alam!
2. Apa
yang dimaksud dengan sumber daya alam yang tidak dapat perbarui?
3. Jelaskan
macam-macam sumber daya alam menurut kemungkinan pemulihannya!
4. Uraikan
macam-macam sumber daya alam menurut habitatnya!
5. Upaya
apakah yang dilakukan agar sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dapat
bertahan lama?
Jawaban
1. Sumber
Daya Alam adalah semua bahan yang ditemukan manusia dalam alam yang dapat
dipakai untuk kepentingan hidupnya
2. Sumber
daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang
pembentukannya berlangsung sangat lambat sehingga suatu saat akan habis
3. a.
Sumber daya alam yang dapat diperbarui, adalah sumber daya alam yang dapat
tersedia kembali dalam waktu yang cepat sehingga tidak dapat habis.
b.
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, merupakan sumber daya alam yang
pembentukannya berlangsung sangat lambat.
4. a.
sumber daya alam daratan, yaitu sumber daya alam yang berasal dari darat yang
dapat dimanfaatakan oleh manusia
b.
sumber daya alam perairan, yaitu sumber daya alam yang berhubungan dengan
perairan, seperti laut, danau, dan air hujan.
5. a.
Memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana dan tidak berlebihan
b.
Mengembangkan bahan pemanfaatan sumber daya alam alternatif
c.
Pemanfaatan kembali barang-barang bekas pakai
Keterangan:
Nilai
= Jawaban Benar X 2
Penilaian KI 4
PENILAIAN KETERAMPILAN
Aktivitas Kelompok
Bagaimana upaya yang harus dilakukan
masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam agar tetap terpelihara
kelestariannya?
Sumber Daya yang
Dapat
Diperbarui
|
Sumber Daya yang
Tidak Dapat
Diperbarui
|
||
Jenis
|
Upaya
Pelestarian
|
Jenis
|
Upaya
Pelestarian
|
Penilaian keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama
Siswa
|
Kemampuan
Presentasi
|
Kemampuan
Menjawab
|
Penguasaan
Materi
|
Jumlah
|
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
Keterangan :
Skor rentang antara 1-4
1 = kurang 2 = cukup
3 = baik 4 = sangat baik
Nilai = Jumlah nilai : 3
Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama
Siswa
|
Pemahaman
Materi
|
Kemampuan
Mengemukakan Pendapat
|
Berkontribusi
|
Kemampuan
Menerima Pendapat Teman
|
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Keterangan :
Skor rentang antara 1-4
1 = kurang 2 = cukup
3 = baik 4 = sangat baik
Nilai = Jumlah nilai : 4
.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 5 Kepanjen
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi Pokok :
Sumber Daya Alam Indonesia (Tema 3)
Sub Materi Pokok : Sumber Daya Alam dan Pengelompokannya
1. Pengertian
Sumber Daya Alam
2. Pengelompokan
Sumber Daya Alam
Alokasi Waktu : 2x40 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (tolerasi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Menghargai
karunia Tuhan Yang Maha Esa yeng telah menciptakan waktu dengan segala
perubahannya.
2.1 Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik.
3.1 Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik).
4.1 Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
C.
Indikator
1. Mendeskripsikan
pengertian Sumber Daya Alam.
2. Mengklasifikasikan
pengelompokan Sumber Daya Alam.
3. Memberikan
contoh jenis-jenis Sumber Daya Alam.
4. Menganalisis
upaya pelestarian Sumber Daya Alam.
5. Menyajikan
hasil analisis upaya pelestarian Sumber Daya Alam.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu:
1. Mendeskripsikan
pengertian Sumber Daya Alam.
2. Mengklasifikasikan
pengelompokan Sumber Daya Alam.
3. Memberikan
contoh jenis-jenis Sumber Daya Alam.
4. Menganalisis
upaya pelestarian Sumber Daya Alam.
5. Menyajikan
hasil analisis upaya pelestarian Sumber Daya Alam.
E.
Meteri
Pembelajaran
1. Pengertian
Sumber Daya Alam.
2. Pengelompokan
Sumber Daya Alam.
3. Contoh
Jenis-jenis Sumber Daya Alam.
4. Upaya
pelestarian Sumber Daya Alam.
F.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan
: Scientifict
2. Metode : Ceramah, Diskusi
3. Model : Problem Based Learning
G.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
1. Media : Gambar dan video
2. Alat : Papan tulis,
spidol, laptop, LCD Projektor
3. Sumber
Belajar :
a. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Ilmu
Pengetahuan Sosial VII untuk SMP/MTs. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan
b. Internet
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
(10 Menit)
1. Guru
memberi salam dan menunjuk siswa untuk memimpin do’a.
2. Guru
mengkondisikan kelas agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
meminta siswa membersihkan sampah yang ada disekitar tempat duduk dan merapikan
tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan alat tulis.
3. Guru
mengabsen kehadiran siswa.
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
5. Guru
membagi kelompok siswa.
Kegiatan Inti (55
menit)
Mengamati (15 menit)
1. Guru
meminta siswa untuk membaca sebentar buku tentang pengertian Sumber Daya Alam.
2. Guru
memutarkan video tentang Sumber Daya Alam, dan siswa mengamati.
3. Guru
menampilkan gambar dan menjelaskan tentang Sumber Daya Alam.
Menanya (5 menit)
1. Guru
meminta siswa untuk menjawab pertanyaan, seperti: dapatkah manusia hidup tanpa
Sumber Daya Alam?
2. Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pertanyaan.
3. Guru
menampung pertanyaan siswa dan memberi kesempatan kepada siswa lainnya untuk
menjawab pertanyaan temannya.
4. Guru
memberikan permasalahan untuk didiskusikan bersama kelompok.
Mengeksplorasi (5
menit)
1. Siswa
mencari jawaban dengan membaca buku ajar dan referensi lain.
2. Siswa
beridiskusi secara berkelompok untuk menjawab pertanyaan yang telah diberikan
oleh guru.
Mengasosiasi (5 menit)
1. Siswa
menyusun hasil diskusi.
2. Siswa
menyimpulkan hasil diskusi tentang Sumber Daya Alam sebagai bahan untuk
presentasi
Mengomunikasikan (25
menit)
1. Siswa
membuat laporan hasil diskusi.
2. Siswa
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan siswa lain memberi tangggapan.
3. Guru
memberikan penegasan terhadap pembelajaran siswa.
Penutup (15 menit)
1. Guru
dan siswa secara bersama-sama mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran untuk menemukan manfaat yang telah diperoleh dari kegiatan
pembelajaran.
2. Guru
memberikan tugas untuk dikumpulkan di pertemuan berikutnya.
3. Menutup
pembelajaran dengan berdo’a.
4. Guru
menutup pembelajaran dengan salam.
I.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
No
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1
|
KI 1dan KI 2
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
Terlampir
|
2
|
KI 3
|
Tes Tulis
|
Uraian (mandiri)
|
Terlampir
|
3
|
KI 4
|
Penilaian Proyek
|
Lembar laporan diskusi
kelompok
|
Terlampir
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Yuli Ifana Sari, M.Pd
|
Malang, 7 April 2016
Guru Mata Pelajaran IPS
Ika Deviana, S.Pd
|
Tema
3
SUMBER
DAYA ALAM
Sub
tema A
A. PENGERTIAN
DAN PENGELOMPOKAN SUMBER DAYA ALAM
Sumber Daya Alam adalah semua bahan yang ditemukan
manusia dalam alam yang dapat dipakai untuk kepentingan hidupnya. Bahan
tersebut dapat berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi yang
dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Pengelompokan sumber daya alam adalah sebagai
berikut:
1. Kemungkinan
pemulihannya
a. Sumber
daya alam yang dapat diperbarui, adalah sumber daya alam yang dapat tersedia
kembali dalam waktu yang cepat sehingga tidak dapat habis. Namun demikian,
apabila pemanfaatannya tidak terkendali maka sumber daya alam ini akan habis
atau punah.
b. Sumber
daya alam yang tidak dapat diperbarui, merupakan sumber daya alam yang
pembentukannya berlangsung sangat lambat. Oleh karena itu, jumlahnya relatif
tetap atau berkurang karena dimanfaatkan dan akhirnya pada saatnya akan habis.
Cara melestarikannya
adalah dengan cara sebagai berikut:
1) Memanfaatkan
sumber daya alam secara bijaksana dan tidak berlebihan
2) Mengembangkan
bahan pemanfaatan sumber daya alam alternatif
3) Pemanfaatan
kembali barang-barang bekas pakai
2. Meterinya
a. Sumber
daya alam organik (hayati), materi atau bahannya berupa benda hidup, yaitu
hewan dan tumbuhan. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam organik
adalah hutan, pertanian dan perkebunan serta perikanan.
b. Sumber
daya alam anorganik (non hayati), materi atau bahannya berupa benda mati
seperti benda cair, padat dan gas. Contoh kegitan yang berhubungan dengan
sumber daya alam anorganik adalah pertambangan mineral, minyak bumi, gas alam,
dll.
3. Habitatnya
a. Sumber
daya terestis (daratan), adalah sumber daya yang berhubungan dengan tanah
sebagai lahan untuk berbagai aktivitas penduduk yang berasal dari darat.
b. Sumber
daya alam akuatik (perairan), sumber daya alam yang berhubungan dengan laut,
sungai, danau, air hujan, dll.
Lampiran Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
a. Petunjuk
Penilaian
Guru memberi tanda cek
(√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual siswa, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu 2 = kadang-kadang
3 = sering 1 = tidak pernah
b. Aspek
Pengamatan
No
|
Aspek
Pengamatan
|
1
|
Berdo’a
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
4
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat memperlajari ilmu pengetahuan
|
c. Lembar
Observasi
Lembar
Observasi
Kelas :
Semester :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Pengamatan
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Guru Mata Pelajaran
Ika Deviana, S.Pd
NIM.
130401050080
|
Penilaian KI 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(OBSERVASI)
Lembar Observasi
Kelas :
Semester :
No
|
Nama
Siswa
|
Tanggung
Jawab
1-4
|
Responsif
1-4
|
Peduli
1-4
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
Nilai
|
Guru Mata Pelajaran
Ika Deviana, S.Pd
NIM.
130401050080
|
Penilaian KI 3
Pengetahuan
Penugasan
individu
Soal
Jawablah pertanyaan
di bawah ini dengan tepat! Kerjakan dengan jujur dan yakinlah pada kemampuanmu!
1. Jelaskan
pengertian sumber daya alam!
2. Apa
yang dimaksud dengan sumber daya alam yang tidak dapat perbarui?
3. Jelaskan
macam-macam sumber daya alam menurut kemungkinan pemulihannya!
4. Uraikan
macam-macam sumber daya alam menurut habitatnya!
5. Upaya
apakah yang dilakukan agar sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dapat
bertahan lama?
Jawaban
1. Sumber
Daya Alam adalah semua bahan yang ditemukan manusia dalam alam yang dapat
dipakai untuk kepentingan hidupnya
2. Sumber
daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang
pembentukannya berlangsung sangat lambat sehingga suatu saat akan habis
3. a.
Sumber daya alam yang dapat diperbarui, adalah sumber daya alam yang dapat
tersedia kembali dalam waktu yang cepat sehingga tidak dapat habis.
b.
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, merupakan sumber daya alam yang
pembentukannya berlangsung sangat lambat.
4. a.
sumber daya alam daratan, yaitu sumber daya alam yang berasal dari darat yang
dapat dimanfaatakan oleh manusia
b.
sumber daya alam perairan, yaitu sumber daya alam yang berhubungan dengan
perairan, seperti laut, danau, dan air hujan.
5. a.
Memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana dan tidak berlebihan
b.
Mengembangkan bahan pemanfaatan sumber daya alam alternatif
c.
Pemanfaatan kembali barang-barang bekas pakai
Keterangan:
Nilai
= Jawaban Benar X 2
Penilaian KI 4
PENILAIAN KETERAMPILAN
Aktivitas Kelompok
Bagaimana upaya yang harus dilakukan
masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam agar tetap terpelihara
kelestariannya?
Sumber Daya yang
Dapat
Diperbarui
|
Sumber Daya yang
Tidak Dapat
Diperbarui
|
||
Jenis
|
Upaya
Pelestarian
|
Jenis
|
Upaya
Pelestarian
|
Penilaian keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama
Siswa
|
Kemampuan
Presentasi
|
Kemampuan
Menjawab
|
Penguasaan
Materi
|
Jumlah
|
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
Keterangan :
Skor rentang antara 1-4
1 = kurang 2 = cukup
3 = baik 4 = sangat baik
Nilai = Jumlah nilai : 3
Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama
Siswa
|
Pemahaman
Materi
|
Kemampuan
Mengemukakan Pendapat
|
Berkontribusi
|
Kemampuan
Menerima Pendapat Teman
|
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Keterangan :
Skor rentang antara 1-4
1 = kurang 2 = cukup
3 = baik 4 = sangat baik
Nilai = Jumlah nilai : 4
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar